Pages

Friday, November 25, 2011

Masyarakatan perkotaan dan masyarakatan perdesaan

Sebelum kita membahas tentang masyarakat perkotaan dan pedesaan kita seharusnya mengetahui defenisi apa itu masyarakat?!
Masyarakat adalah sekumpulan orang yang berada pada suatu tempat dengan adat istiadat yang berbeda dengan bahasa yang berbeda ataupun dengan cara tata hidup pun berbeda
Dalam keadaan suatu tempat pasti ada masyarakat perkotaan dan masyarakat perdesaan, pasti dengan perbedaan masyarakat tersebut berpengaruh juga kepada kehidupan masing masing individu. Biasanya yang paling berpengaruh dengan kehidupan ekonomi, politik, ataupun bahasa.

Masyarakat perkotaan adalah masyarakat yang tinggal didaerah perkotaan yang kehidupannya biasanya selalu dengan kemewahan, kehidupan menjadi masyarakat perkotaan bisa dibilang kehidupan keras karena di kota setiap individu berjuang dengan yang lain untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik, sebab kota-kota biasanya terbuka dalam menerima pengaruh-pengaruh dari luar, sehingga masyarakat akan terpengaruh oleh kebudayaan -kebudayaan dari luar yang cenderung memberikan dampak negatif. Alur kehidupan yang cepat dikota-kota, mengakibatkan pentingnya faktor waktu bagi warga kota, sehingga pembagian waktu yang teliti sangat penting, intuk dapat mengejar kebutuhan-kebutuhan setiap individu, mengakibatkan lebih disiplinnya masyarakat di perkotaan, dan orang perkotaan cenderung lebih bisa mengurus dirinya sendiri atau lebih individualisme.

Sedangkan masyarakat pedesaan adalah masyarakat yang tinggal disuatu desa dimana tempatnya jauh dari jangkauan, jauh dari kehidupan yang mewah. Lingkungan pedesaan memberikan pengaruh bagi masyarakat diantaranya Masyarak pedesaan biasanya lebih menjunjung tinggi kebersamaan dalam kehidupanya sehingga keakraban dan persaudaraannya masih terjalin dengan baik berbeda dengan masyarakat di perkotaan yang cenderung individualisme. Kehidupan keagamaan masyarakat pedesaan pun lebih terjaga dibandingkan masyarakat yang tinggal di perkotaan.

No comments:

Post a Comment