Pages

Friday, November 18, 2011

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Sadarkah anda sekarang ini masyarakat menjunjung tinggi pelapisan sosial atau bisa dibilang perbedaan derajat baik dari kekayaan, kekuasaan, kehormatan sampai ilmu pengetahuan.
biasanya yang lebih menonjol dalam kehidupan sosial adalah perbedaan dalam kekayaan dan kehormatan. Kekayaan yang biasanya membedakan antara masing-masing individu, kekayaan yang dapat memperpecah tali silahturahmi dan sebagainya.
Sedangkan kehormatan bisa juga membuat satu sama lain ribut karena tidak saling menghormati.
Sebagai makhluk yang mengerti bagaimana caranya menghormati satu sama lain seharusnya bisa saling menghormati satu sama lain saling menghotmati pendapat yang diberikan orang lain untuk kita karena smeua itu untuk kemajuan kedepannya. Sesuai dengan UUD yang telah dibuat;
Pasal 27
> ayat 1 berisikan tentang mengenai kewajiban dasar dan hak asasi yang dimiliki warga negara yang menjunjung tinggi dan pemerintahan
> ayat 2 hak warga negara atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusian

Pasal 28 ditetapkan bahwa kemerdekan berserikat dan berkumpul,menyampaikan pikiran lisan dan tulisan.

Pasal 29 ayat 2 kebebasan memeluk agama bagi penduduk yang dijamin oleh negara

Pasal 31 ayat 1 dan 2 yang mengatur hak asasi mengenai pengajaran.

Kesamaan derajat lah yang seharusnya kita wajib lakukan dengan brgitu hal apapun yang kita lakukan menjadi seimbang, dengan adanya perbedaan itu pasti tetapi bagaimana cara kita untuk menyeimbangi perbedaan tersebut.

No comments:

Post a Comment